Kue tradisional khas Purworejo

1.JENANG KRASIKAN

Makanan ini merupakan kuliner lawas di Purworejo yang masih diburu wisatawan.Teksturnya pun unik sedikit kasar namun juga lembut,sehingga saat dimakan memiliki keunikan khusus.Kuliner ini pun cocok untuk digunakan oleh-oleh.Jenang krasikan dibuat dari beras ketan dicamur santan dan gula merah dengan sedikit garam.Proses pengemasannya pun sederhana,hanya dibungkus plastik bening saja.Jika anda ingin mendapatkan Jenang Krasikan tidaklah begitu sulit.Jenang ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh maupun pasar-pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

2. KUE LOMPONG

Jajanan dari tepung ketan ini hanya ada di sekitar Kutoarjo dan Purworejo.Nama unik yang disematkan berasal dari daun talas kering (lompong)yang dulunya dijadikan bahan warna hitam pada kue.Selain warnanya yang unik yaitu hitam pekat,daun untuk membungkusnya juga unik,yaitu daun pisang kering atau biasa disebut daun klaras.Kue lompong terbuat dari adonan tepung ketan yang diberi isian kacang tanah sangrai dan gula merah.Kue lompong juga bisa menjadi jajanan oleh-oleh,atau untuk teman kopi dan teh.

3.CENIL

Cenil merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pati ketela pohon,Dahulu cenil digunakan sebagai makanan pengganti beras.Cenil dibuat berwarna-warni agar dapat menggugah selera dan lezat.Biasanya cenil dibungkus menggunakan daun pisang lalu dipincuk,ini juga ada artinya lho :)maksud dipincuk di beberapa daerah merujuk pada makna pinten-pinten cukup.Cenil biasanya disiram menggunakan saus gula merah dan taburan kelapa parut yang pasti rasanya menjadi nikmat.Cenil biasanya berbentuk bulat-bulat kecil,kotak atau panjang.

4.KUE SATU

Kue satu biasa disebut juga kue koya,kue kering tradisional ini berbahan dasar bubuk kacang tanah manis yang berwarna putih atau sekarang kebanyakan menggunakan kacang hijau.Biasanya kue satu disajikan pada saat hari-hari raya seperti lebaran,natal dan imlek namun untuk camilan teman kopi dan teh juga cocok.Asal mula dinamakan kue satu tercetus karena setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan kue satu memiliki perbandingan 1 (satu). Selain itu, kue satu juga banyak manfaatnya dikarenakan kue satu ini terkandung kacang hijau yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan mengobati anemia.

5.CLOROT

Kue clorot juga memiliki banyak nama celorot,cerorot,dan jelurut.Kue clorot berbahan dasar tepung beras dengan santan.Kue ini memiliki ciri yang unik.Bentuknya yang bulat panjang berwarna cokelat membentuk kerucut mirip mainan terompet.Proses pembuatannya dengan cara dikukus.Pembungkus kue ini juga unik berasal dari daun kelapa muda(janur).

6.SENGKULUN

 sering juga disebut Sengkolon (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sangkolun (Bangka).Kue sengkulun mriip dengan kue keranjang.Kue ini dibuat dengan bahan utama tepung ketan.Kue sengkulun biasanya berwarna hijau putih atau merah putih.Permukaan kue ini berbintil kasar,tekstur lunak,kenyal dan lembut.Kue sengkulun dimasak dengan cara dikukus.

7.KUE LEMET

Kue ini adalah jajanan kue basah tradisional yang terbuat dari singkong parut.Lemet memiliki rasa yang manis dan legit.Pembungkus kue ini adalah daun pisang.Isian lemet yaitu gula dan parutan kelapa yang sudah dimasak.Cara memasak kue lemet dengan cara dikukus.Lemet sudah jarang ditemukan dipasar-pasar namun satu dua masih ada yang menjualnya.

8.CARABIKANG

Kue tradisional ini berbahan dasar tepung beras.Kue ini banyak dijual di pasar-pasar.Rasa kue ini manis dan memiliki tekstur lembut dan berserat.Kue ini berbentuk seperti bunga mekar dengan berbagai warna.Namun kebanyakan yang sering dijumpai warna hijau dan merah. Kue tradisional ini berbahan dasar tepung beras.Kue ini banyak dijual di pasar-pasar.Proses membuat kue ini dengan pemanggangan dalam cetakan khusus kue carabikang.

9.KLEPON

Klepon atau kelepon adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan.Bentuk kue klepon yaitu bulat-bulat kecil dan diisi dengan gula merah,kemudian klepon direbus di dalam air mendidih.Biasanya klepon berwarna hijau,namun sekarang banyak juga yang berwarna lain-lain seperti merah,kuning dan putih.Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.Biasanya klepon yang baru matang,langsung ditaburi parutan kelapa agar langsung melekat.Klepon bisa dikatakan salah satu jajanan tradisional yang paling banyak diburu.

10.ONDE-ONDE

Terbuat dari tepung ketan yang didalamnya diisi bubuk kacang hijau.Bentuk onde-onde bulat dengan ditaburi wijen di bagian luarnya.Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun pedagang kaki lima.Saat ini terdapat macam-macam variasi,yang paling terkenal yaitu onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dengan isian bubuk kacang hijau,variasi lainnya terbuat dari tepung terigu dan diberi warna pada setiap permukaan seperti putih,merah,atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum.

11.APEM

Apem merupakan keu tradisional yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam lalu dicampurkan telur,santan,gula dan tape,serta sedikit garam.Cara memasak kue ini dengan cara di kukus.Kue apem seringkali ada mulai dari acara syukuran, menyambut bulan puasa hingga kematian. Di Jawa Barat sendiri kue apem dimaknai sebagai kebersamaan dan tolak bala atau pengusir kesialan. Kue ini akan dibagi-bagikan ke tetangga dan dimakan bersama.

12.WAJIK

Wajik merupakan kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dikukus,lalu dicampuri santan dan gula yang dimasak hingga berminyak dan terasa lembut.Gula yang digunakan biasanya gula merah.Gula ini yang membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.Bentuk wajik biasanya dibuat belah ketupat atau jajar genjang ada juga yang kotak atau persegi panjang.Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.Jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada pula yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda.Warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji.Lalu warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan,Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir.

13.JENANG

Jenang merupakan sejenis dodol yang dibuat dari tepung ketan dengan gula lalu dimasak.Makanan yang satu ini adalah makanan manis yang dalam pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama.Biasanya jenang ada di acara pernikahan atau tasyakuran,namun ada juga yang menikmati jenang sebagai teman kopi dan teh.Jenang banyak juga dijadikan sebagai makanan oleh-oleh.

Sekian artikel kali ini,buat kalian yang penasaran dengan kue-kue di atas silahkan membeli di pasar-pasar tradisional 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *