Pusat Kue Kering Purworejo

Purworejo adalah sebuah kabupaten di bagian selatan provinsi Jawa Tengah di Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Wonosobo  dan kabupaten Magelang di utara, kabupaten Kulon Progo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Timur),Samudra Hindia di selatan, serta kabupaten Kebumen di sebelah barat.Dalam hal kuliner Purworejo memiliki makanan khas tersendiri yang berbeda dengan daerah lainnya.

Berikut kita rangkum beberapa Kue Kering khas Purworejo :

1.KUE SEMPRONG

Kue Semprong merupakan kue yang berbentuk silinder(panjang) seperti pipa atau bentuk segitiga  dengan rasa yang khas dan unik.Nama lain dari kue ini adalah Kue Gapit.Bahan utama untuk membuat kue ini yaitu tepung beras,gula pasir,santan,telur dan minyak goreng. Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah ketika digigit.Kue semprong dapat dimakan langsung atau dijadikan teman minum teh atau kopi.

2.KUE BOLU EMPRIT

Kue bolu Emprit merupakankue yang memiliki bentuk seperti setengah lingkaran bola dan mempunyai rasa manis.Dilihat secara fisik, Bolu Emprit terlihat kasar pada sisi luarnya, namun setelah digigit langsung hancur di lidah. Bahan utama untuk membuat kue ini yaitu Kelapa parut,Tepung Tapioka,Gula Pasir,Garam Halus,Air,Baking Powder dan Jahe Bubuk. Warna kue Bolu Emprit tidak hanya putih, namun juga ada warna lainnya seperti merah muda, kuning dan coklat.

3.KUE SAGON KELAPA

Kue Sagon Kelapa merupakan kue yang memiliki cita rasa yang cukup khas yaitu rasa yang enak di lidah, manis, gurih serta aromanya yang mewangi.Bahan utama untuk membuat kue ini yaitu  kelapa parut disangrai,tepung ketan,garam,gula pasir dan air. Kue sagon kelapa ini selain dinikmati sebagai camilan teman minum teh atau kopi, juga bisa disuguhkan sebagai kue kering hari raya.

 4.KUE SATU

Kue Satu merupakan kue yang memiliki cita rasa manis dan lembut saat digigit.Kue ini memiliki nama lain yaitu kue Koya. Asal mula dinamakan kue satu tercetus karena setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan kue satu memiliki perbandingan 1 (satu).Kue satu berwarna putih.Bahan utama dari kue ini yaitu kacang hijau,gula bubuk,garam dan perisa vanilla.Kue satu biasanya disajikan pada hari-hari raya.

5.KUE UNTIR-UNTIR

Kue Untir-Untir merupakan kue yang memiliki tampilan mengkilap dan keemasan dengan rasa renyah dan manis.Nama lain kue ini adalah Kue Tambang.Bahan utama dari kue ini yaitu tepung terigu,gula bubuk,mentega,telur,Garam,Air dan Minyak goreng.Kue kering ini sangat cocok sebagai camilan dirumah, atau untuk hidangan para tamu dan juga menjadi hidangan untuk hari lebaran.

6.KUE KEMBANG GOYANG

Kue Kembang Goyang merupakan kue yang memiliki cita rasa renyah,manis dan gurih.Yang membuat kue ini unik adalah ketika akan digoreng cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas.Nama lain kue ini yaitu kue Kembang Loyang.Kue ini pun mengalami penambahan varian rasa,beberapa tetes essens frambozen,essens pandan,dan biji wijen sebagai variasi rasa sehingga membuat penampilan kembang goyang terlihat menarik.Bahan utama dari kue ini yaitu tepung beras,telur,gula,santan,wijen ,tepung sagu,minyak goreng. Kue ini biasanya disajikan pada saat hari raya  dan acara-acara hajatan,namun untuk teman camilan dirumah juga cocok.

7.SUMPIA

Kue Sumpia merupakan kue yang memiliki cita rasa renyah dan gurih.Kue ini berbentuk panjang dan kecil seperti jari tangan.Bahan utama membuat kue ini yaitu lapisan lumpia,ketumbar,abon sapi atau udang daun lemon,bawang putih dan bawang merah.Yang paling umum digunakan untuk isian yaitu menggunakan ebi atau udang rebon. Makanan ini cocok untuk camilan santai di rumah atau juga untuk acara hari raya.

8.KUE LIDAH KUCING

Kue Lidah Kucing merupakan kue kering memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah.Kue ini memiliki bentuk yang unik yaitu panjang dan tipis seperti lidah kucing.Nama lain kue ini yaitu Katte Tong.Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue ini yaitu telur,margarin,vanilli,tepung terigu,susu bubuk,dan gula halus.Kue ini biasanya disajikan saat hari raya,natal dan tahun baru imlek.

9.KUE SEMPRIT

Kue Semprit merupakan kue yang memiliki cita rasa yang manis dan renyah.Kue ini berbentuk seperti bunga dan berwarna kuning keemasan.Bahan utama membuat kue ini yaitu tepung terigu,tepung jagung,bubuk custard,gula pasir,dan margarin.Biasanya disajikan di ruang tamu untuk tamu atau dimakan santai sendiri,cocok juga untuk hari raya lebaran.

Nah gimana gaes, tertarik untuk mencicipi makanan khas kampung halamanku? Ayo, wisata kuliner ke Purworejo 🙂

Cukup sekian artikel pembahasan mengenai kue kering Purworejo ini,semoga bermanfaat bagi anda semua 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *